Translate My Blog

Sabtu, 23 Maret 2013

Tugas Supervisor Teknik Sipil Bangunan

Informasi Untuk Semua :


Tugas Supervisor Teknik Sipil Bangunan

1. Memahami Gambar Pelaksanaanan
                      2. Mengawasi Pelaksanaan Pekerjaan
                                         3. Memberikan Solusi Kesulitan Pelaksanaan
                                                                  4. Membuat Laporan Harian Pekerjaan
                                       5. Membuat Laporan Harian Kendala Pelaksanaan
                      6. Bertanggung jawab hasil kerja Pelaksana Lapangan



Tugas Supervisor Teknik Sipil Bangunan


Tugas Supervisor Teknik Sipil Bangunan


Pembaca blogku bukan bermaksud merasa lebih pintar saya menulis tentang supervisor ini, saya yakin banyak yang lebih pintar dan pengalaman dari saya, terus terang saya menulis ini karena belum bisa tidur dan kebetulan ada ide untuk membagikan pengalaman ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang mulai menjadi Supervisor Lapangan khususnya adik-adik fresh graduate atau yang sedang management trainee.

oke..silahkan baca, jika ada masukkan silahkan komentar dibawah artikel ini, komentar yang
tidak positif dan tidak membangun, saya akan hapus tanpa basa-basi, karena tujuan saya menulis ini berbagi pengalaman bukan berbagi yang tidak positif.


1. Memahami Gambar Pelaksanaan
Seorang supervisor atau pengawas lapangan sebelum melakukan pekerjaan harus mempelajari gambar pelaksanaan dan sudah bisa mengetahui kebutuhan material dan alat bantu pelaksanaan pekerjaan, yang berguna untuk di diskusikan dengan pelaksanaan lapangan ketika melakukan pelaksanaan pekerjaan.

Mintalah gambar dengan Drafter atau Engineer Lapangan, dan minta gambar yang sudah jadi, bukan dalam bentuk soft copy tapi dalam bentuk kertas yang sudah di approval atau disetujui antara kontraktor, konsultan dan owner.

Soft copy bisa diminta untuk memperjelas gambar di hard copy atau yang berbentuk kertas,
karena biasanya jika gambar di cetak dalam kertas A4 akan terlihat kecil ukurannya, dan
hanya dilakukan sebatas itu saja, tidak boleh mengambil inisiatif sendiri walau ilmu anda lebih tinggi dari drafter atau engineer sekalipun. Biasakan dalam melaksanakan proyek bekerja dalam team,bukan individual.

Karena jika kita merasa pintar sendiri, akan fatal akibatnya pada pelaksanaan terlebih lagi
jika pekerjaan tersebut berkaitan dengan struktur. Patokan utama pengawasan supervisor adalah gambar cetak yang telah di approvel kontraktor,konsultan dan owner.

Biasanya pengawas lebih banyak pengetahuannya dibanding dengan drafter ataupun engineer karena supervisor langsung terjun di pengawasan pelaksanaannya, terkadang rasa lebih pintar ini membuatpekerjaan akan bersifat individualistis, dalam pelaksanaan proyek hindarkan sifat ini, berikan  kepercayaan kepada job disk masing profesionalitas untuk mengambil keputusan, terkecuali ketika kita dalam rapat untuk mengambil keputusan atau sedang menunjukkan kepada yang lain, tapi bukan sebagi patokan keputsan pelaksanaan.



2. Mengawasi Pelaksanaan Pekerjaan

Pengawas proyek wajib ada ketika pelaksanaan pekerjaan sedang dilakukan, untuk mengawasi adanya kesalahan dari pihak pelaksana pekerjaan, sering terjadi ketika melaksanakan man power atau tukang ketika melaksanakan pekerjaan seperti mengaduk semen baik menggunakan molen atau manual,campuran pasir,semen dan koralnya tidak sesuai dengan bestek atau SOP (Standart Operation Procedure) yang akan menyebab akibat yang tidak baik untuk pekerjaan struktur.

Pekerjaan yang dilakukan manual lebih banyak terjadi kesalahan dari sumber daya manusianya terutama tukang yang mencampuri pasir,semen dan koral tersebut, disinilah letak pengawasan seorang supervisor diperlukan, bisa saja terjadi tukang karena letih pasir seharunya 9 pengki menjadi 7 pengki sehingga bisa kebanyakan koralnya atau semennya, ataupun kebalikan dengan koralnya yang tanpa sepengetahuan tukang tersebut salah jumlah memasukkan ke molen.

Pengawas yang cerdik, akan mempercayakan kepada pelaksana yang sudah paham benar dengan pelaksanaan pekerjaan tapi tidak dilepas begitu saja, melainkan di dampingi pelaksanan tersebut sewaktu bekerja, karena bisa saja pelaksana ada niat mengurangi campuran beton tersebut, sering terjadi ketika pengecoran dilakukan site mix menggunakan molen dengan coran volume banyak.
 
Sahabat pembaca, pengawas harus lebih tahu, kemampuan team waktu yang di molen tersebut, biasanya 1 orang operator molen, 1 orang untuk pasir, 1 orang untuk koral, dan 1 orang untuk semen dan air, jadi bila team ini sudah berjalan dan dapat dipercaya jangan dilepaskan begitu saja, ingat faktor letih ataupun kesal dari tukang bisa menyebabkan adukan dimolen tersebut tidak sesuai aturan.

Begitupun ketika mengawasi pekerjaan lainnya seperti pembasangan bata,hebel atau plesteran, ketika pikiran saya sedang oke saya akan coba menulis cara pelaksanaan pekerjaan tersebut,baik memasang hebel,form work dan lain-lainya.



3. Memberikan Solusi Kesulitan Pelaksanaan

Sepintar apapun seorang pelaksana tetap mereka harus berkoordinasi dengan supervisor karena mutu pekerjaan harus tetap dalam pengawasan supervisor, terlebih lagi jika pelaksana tersebut sering melipat gambar kerja, sehingga tulisan ukurannya tidak jelas, bahkan gambar kerja di taruh di direksi keet dan melaksanaan pekerjaan dengan menggunakan pengalamannya.

Mas bro, pengalaman itu penting tapi tidak penting ketika itu melanggar aturan gambar kerja yang sudah di approval kontraktor,konsultan dan owner, buat apa segudang pengalaman, cerita pernah di perusahaan ini, pernah di proyek ini jika anda tidak mengikuti gambar kerja. Suatu bangunan direncanankan membutuhkan waktu tidak satu dan dua hari bualan proyek yang pernah kita kerjakan, tapi berdasarkan perhitungan yang telah di sesuaikan dengan fungsi,kekuatan dan lain-lainya.

Saya contohkan, di jakarta papan cor itu mahal dibandingkan batako kw 3 ,untuk apa beli papan cor kalau hanya untuk begisting sloof ataupun pondasi tapak menggunakan papan tersebut, apakah dengan alasan anda mengatakan bahwa papan cor bisa dipakai berulang ulang, itu kalau pelaksaannya diawasi dengan baik, ketika umur beton sudah bisa dibuka silahkan dibuka, tapi kalau untuk proyek ukuran besar,alangkah sayang papan tersebut dipakai serentak untuk membuat sloof sepanjang 50 m1 lari untuk 4 bangunan misalnya, bandingan dengan pengeluaran membeli batako, tentunya hasilnya jauh lebih hemat, terkecuali kita membuat sloof untuk perumahaan, papan cor tersebut bisa digunakan untuk begisting kolom praktis dan lainya.

Pengalaman itu perlu, tapi sesuaikan dengan apa yang akan dibangun, contoh saja dalam pembangunan ware house, tie beam ataupun sloof dengan ukuran tinggi dimensinya diatas 40 lebih baik menggunakan triplek dari pada papan cor, dan biasanya, ukuran tie beam ataupun sloof itu sama, kalau papan cor 2 kali pakai akan rusak, terlebih lagi jika pelaksanaan nya banyak ikatan bendrat dan paku, jadi sahabat sesuaikan pengalaman anda dengan bangunan dan aturan yang ada.



4. Membuat Laporan Harian Pekerjaan

Dalam pelaksaanan pekerjaan laporan adalah sangat penting, laporan berguna untuk dokumentasi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan kita dapat flash back ke hari-hari sebelumnya, contoh seorang pengawas tidak menulis dalam laporannya hari ini bahwa ada permintaan konsultan atau owner untuk merubah suatu bangunan,dan itu dilakukan dengan lisan, apa yang terjadi ketika proges proyek sudah mencapai 80 %, bisa dihitung diatas kertas proyek sudah menghabiskan modal kontraktor.

Karena ketika awal bekerja kontraktor biasanya terima uang muka sebesar 10 sampai 20 persen dengan peraturan yang telah disepakati sebelumnya, kontraktor dengan modal persiapan sudah mengeluarkan 10 persen untuk biaya mobilisasi dan perlengkapan
pelaksanaan, jadi kontraktor saat itu memegang dan 30 persen, untuk awal kerja, ketika progres proyek sudah 80 persen, belum bisa dihitung keuntungannya, berarti ada sesuatu yang tidak beres.

Biasanya disebabkan kelalaian supervisor terhadap site intruction yang dilakukan oleh konsultan bersama owner dengan tidak mencatat secara tertulis atau tidak di dokumentasikan dengan benar, perinta tersebut tentu akan berakibat dana tambahan, apalagi kalau pekerjaan nya sudah dilaksanakan, lalu dirubah, tentunya disini ada pekerjaan tambah dan kurang, disinialah peran supervisor mencatat di laporan hariannya, dan segera di dokomentasikan, sehingga pekerjaan tambah tersebut dapat diketahui dan tidak mengurangi nilai kontrak yang disepakati di awal pelaksanaan.

Begitupun untuk pekerjaan lainnya, seperti hari pelaksana sudah mengerjakan pengecoran sloof, sangat berguna ketika hasil dari pekerjaan pengecoran itu tidak baik, karena umur beton belum cukup sudah dibukak bekisting nya, tentu dengan laporan harian tersebut dapat diketahui.



5. Membuat Laporan Harian Kendala Pelaksanaan

Laporan harian kendala pelaksanaan bisa digabung dengan laporan harian pekerjaan, tapi biasanya supervisor yang tidak teliti tidak menuliskan kendala ini, dengan mendokumentasikan kendala pelaksana seperti laporan cuaca ketika waktu pengecoran terjadi hujan, sehingga pengecoran tertunda,dengan tertunda pengecoran tentu pekerjaan lainnya tertunda, karena coran beton perlu masa curing atau perawatan ketika begisting dibuka dan menunggu umur beton.

Kendala pelaksanaan pekerjan bisa berupa, gangguan dari pihak luar,demo warga setempat yang tidak setuju pembangunan, hingga pekerjaan berhenti, atau karena para pekerja tidak ada karena pulang kampung dan banyak lagi yang lain, semua laporan ini berguna untuk dilaporkan kepada site manager, quality contol atau pimpinan proyek, agar mereka bisa ambil keputusan dengan tidak menunda wakut pelaksanaan pekerjaan.



6. Bertanggung jawab hasil kerja Pelaksana Lapangan

Supervisor pekerjaannya tiap hari bertugas mengawasi pelaksanan pekerjaan, tampa melewatkan sedikipun pekerjaan tersebut,karena jika supervisor lalai melakukan pengawasan ini,bisa menyebabkan mutu, ataupun jadwal kerja tidak sesuai yang di targetkan, karena bisa saja pelaksana mengutamakan pekerjaan yang ada hasil opname atau progresnya, hingga pekerjaan pendukung tidak dikerjakan.

Contohnya ketika melaksanakan pengecoran, biasanya pelaksana banyak caranya agar mereka dapat untung dari pembayaran tenaga atau waktu pekerjaan,jika pengawas tidak mengawasi mutu beton misalnya, bisa kita kalkulasikan jika 60 kubik beton, di selipkan mutu beton yang berbeda dalam mobil yang berbeda, apa yang terjadi, karena perbedaan mutu beton dalam satub angunan, bisa menyebabkan retak karena tidak sesuai dengan mutu yang kita harapkan.

Atau misalnya dalam pekerjaan pengecoran jalan, banyak cara pelaksana mengambil keuntungan diluar dari harga yang disepakati, volume beton dalam pelaksanaan jalan banyak caranya untuk mengurai volume beton tidak sesuai gambar pelaksanaan,bisa dengan
metode segitiga, atau pasir lantai kerja , dan lain-lainnya, jika superivisornya tidak teliti tentunya mutu jalan tidak sesuai dengan yang diinginkan.



7. Mengawasi Kualitas Dalam Pelaksaan Pekerjaan

Pengawasan Kualitas pekerjaan sangat penting dalam pelaksanaan pekerjaan,seperti yang saya sampaikan di no 6, banyak cara untuk mengambil keuntungan dalam pelaksanaan pekerjaan, dengan volume yg dikurangi, atau dengan kualitas pekerjaan yang dikurangi, pengalaman supervisor sangat dibutuhkan disini, agar cara-cara tersebut dapat diketahu sebelumnya, sehingga dapat dicegah.

Mutu beton yang paling mudah di mainkan,kerja sama dengan pihak benching plant saja sudah cukup,atau jika harus melakukan pengecoran site mix, dengan mudahnya mereka memainkan adukan beton ketika di olah dimolen, mencari pengawas janganlah berdasarkan kelulusann atau indeks prestasi di bangku kuliah, ataupun fresh graduate, carilah berdasarkan pengalaman pekerjaannya.

ingat yang dihadapi supervisor adalah pemborong baik pemborong tenaga, ataupun pemborong material sekaligus tenaga, apa jadinya ketika huruf R di pemborong itu hilang lalu terganti dengan huru H, anda dapat mengertikan,....hehehe...just kidding all pemborong...,intinya supervisor harus dicarikan yang pengalaman dan jujur, kalau tidak ingin proyek anda menjadi daging semua bagi pihak pemborong.

Oke sahabat pembaca blogku cukup sekian tulisan saya dimalam hari ini, akhirnya rasa kantuk saya tiba, jika tulisan saya ada yang salah,mohon koreksi, jika ada komentar silahkan tulis di bawah artikel ini, jangan ragu membagi ilmu, tidak akan berkurang sedikitpun ilmu anda, bahkan akan terus bertambah,yang terpenting jangan bagi uang yah...semakin dibagi semakin habis....tapi kalau untuk donatur blog ini ...dengan senang hati saya tampung....just kidding.


Ingin membaca artikel yang lain silahkan klick tautan dibawah ini :



4 komentar:

  1. dengan senang hati dipersilahkan, mari berbagi pengalaman dan ilmu....untuk kebaikan bersama

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas sharenya sobat, sangat berguna bagi saya agar jadi pengawas yg baik.
    saat ini saya bekerja sebagai pengawas di Summarecon Kelapa Gading

    BalasHapus

Please type in your comments, If you do not use email, please select Anonymous, thank you (Infodaku.com)